Kerajaan Perlak yaitu kerajaan Islam di Indonesia yang berada di sekitar kawasan Peureulak, Aceh Timur.

Kerajaan Perlak Di Aceh

Kerajaan Perlak yaitu kerajaan Islam di Indonesia yang berada di sekitar kawasan Peureulak, Aceh Timurdari tahun 840 sampai 1292. Perlak atau Peureulak amat tenar sebagai tempat yang mewujudkan kayu perlak, ragam kayu yang amat bagus untuk pembuatan kapal.

Hasil alam yang sungguh-sungguh berlimpah serta posisi yang betul-betul strategis membikin Kerajaan Perlak berkembang dengan cepat sebagai pelabuhan niaga yang maju pada abad ke-8, disinggahi oleh kapal-kapal yang antara lain berasal dari Arab dan Persia.

Hal ini membikin berkembangnya masyarakat Islam di tempat ini, terlebih dari pengerjaan pernikahan campur antara saudagar muslim dengan perempuan muslim setempat.

Perkembangan agama serta kebudayaan Islam di Indonesia selama berabad-abad sudah meninggalkan pelbagai ragam jejak.

Sebenarnya tidak hanya agama islam dengan rukun iman yang di taati, tapi juga terdapat beberapa agama lain seperti hindu dan kristen.

Salah satu peninggalan metode politik islam merupakan tumbuh dan berkembangnya kerajaan yang bercorak islam.

Lahirlah sebagian kerajaan islam di semua indonesia sebagai pengaruh penyebaran agama islam yang dijalankan para ulama dan perdagangan.

Kerajaan Perlak
Perlak ialah kerajaan Islam tertua yang ada di Indonesia. Perlak adalah kerajaan dengan masa pemerintahan cukup panjang.

Kerajaan Perlak berdiri pada tahun 840 ini usai pada tahun 1292 sebab bergabung dengan Kerajaan Samudra Pasai.

Semenjak berdiri hingga bergabungnya Perlak dengan Samudra Pasai, terdapat 19 orang raja yang menyuruh.

5 Bukti Sejarah
Sumber sejarah Kerajaan Perlak yaitu naskah berbahasa melayu serta pelbagai variasi bukti peninggalan sejarah seumpama Silsilah Raja-Raja Perlak dan Pasai, karangan Sayid Abdullah Ibn Saiyid Habib Saifuddin.

Berikut ini merupakan bukti peninggalan sejarah Kerajaan Perlak terdiri atas 5 hal.

1. Makam Raja
Sudah ditemukannya makam salah seorang raja Benoa tepi Sungai Trenggulon. Batu nisan makam hal yang demikian bertuiskan huruf arab. Benoa yakni Negara komponen dari Kerajaan Perlak

2. Mata Uang
Mata uang Kerajaan Perlak yang terbuat dari emas, perak, dan kuningan. Peninggalan mata uang ini menampakkan bahwa kerajaan perlak ialah kerajaan yang sudah maju pada saat itu. Akan dibahas di poin ke-5.

3. Budaya
Perlak betul-betul tenar dengan kekayaan alamnya yang sungguh-sungguh melimpah ditambah lagi dengan letaknya yang benar-benar strategis.

Apalagi, Kerajaan Perlak amat diketahui sebagai penghasil kayu perlak, ialah variasi kayu yang benar-benar baik untuk membikin kapal. Situasi semacam inilah yang membikin para pedagang dari Gujarat, Arab, dan Persia berminat untuk datang ke tempat ini.

Masuknya para pedagang juga membawa ajaran Islam di di kawasan Kerajaan Perlak ini. Kedatangan mereka mulai memberi pengaruh kepada kehidupan social dan adat istiadat masyarakat Perlak pada ketika itu.

Pada ketika itu masyarakat Perlak mulai diberi tahu seputar bagaimana caranya berdagang. Pada permulaan abad ke-8, Perlak diketahui sebagai pelabuhan niaga yang amat maju.

Figur pernikahan percampuran mulai terjadi di tempat ini sebagai konsekuensi dari membaurnya antara masyarakat absah pribumi dengan masyarakat pendatang.

Kategori pendatang bermaksud menyebarluaskan ajaran islam dengan sistem menikahi wanita-wanita setempat. Hakekatnya tak cuma itu saja, pernikahan campuran juga ditujukan untuk mengoptimalkan sayap perdagangan dari pihak pendatang di tempat ini.

Dan juga masih banyak kerajaan islam laninnya, kamu bisa kunjungi sijai jika ingin mengetahui lebih banyak lagi.

4. Peninggalan Kerjaan
Ada di tmukan stempel dari kerajaan perlak ini, yang bertuliskan kalimat

“Al Wasiq Billah Kerajaan Negeri Keuangan Sanah 512 ”

Kerajaan Negeri Keuangan ialah komponen kecil dari Kerajaan perlak.

5. Segi Ekonomi
Perlak yaitu kerajaan yang telah benar-benar maju dan berkembang. Hal ini digambarkan degan adanya mata uang sendiri. Mata uang Perlak yang ditemukan terbuat dari emas yang berbentuk dinar, dari perak yang berbentuk dirham, juga beberapa ada dari tembaga dan kuningan. Tidak ada satu -pun yang menggunakan uang kertas.


  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Kerajaan Perlak Di Aceh
      Komentar(0)